Bahaya yang Mengintai di Internet (Bagian 1 – Spyware)

/, Kidos, Teknologi Informasi/Bahaya yang Mengintai di Internet (Bagian 1 – Spyware)

Bahaya yang Mengintai di Internet (Bagian 1 – Spyware)

Salah satu bahaya yang mengintai di internet adalah pencurian identitas dan data pribadi melalui spyware. Seperti namanya, spyware merupakan software yang dibuat dengan tujuan untuk “memata-matai”. Aplikasi ini menginstall dirinya sendiri di PC korban, mencari data-data pribadi pengguna, dan mengirimkannya kepada orang lain. Data pribadi ini bisa jadi nomor kartu kredit, username dan password email. Data tersebut dapat digunakan untuk melakukan penipuan atau pelanggaran lainnya.

Jika kamu merasa aman dari pencurian identitas, paling sedikit, spyware akan membuat PC-mu membuka banyak pop-up pada saat browsing, menjalankan banyak proses di latar belakang yang tidak kamu sadari, dan akhirnya, akan membuat PC berjalan sangat lambat. Menjengkelkan.

Jebakan-Jebakan Spyware

Pastinya, tidak ada orang yang dengan sengaja menginstall spyware. Software tersebut ter-load ke dalam sistem operasi PC secara tidak sengaja. Di antaranya :

1. Pop-up window yang diklik. Meskipun kamu meng-klik tombol “Close” dengan maksud untuk menutup pop-up tersebut. Untuk amannya, jangan klik komponen apa pun pada window pop-up. Untuk menutupnya, klik selalu tombol X pada window. Jika tombol X tidak muncul, lebih baik close seluruh aplikasi browser untuk menutupnya.

2. Link yang menipu, yang membuat kamu tergoda untuk meng-klik-nya. Bisa berupa iklan, atau link yang seakan-akan mengarahkan kamu ke url download sebuah file yang kamu cari.

3. Gambar yang ditanami url yang mengarah ke situs yang berbahaya.

4. Kadang kala, hanya dengan membuka sebuah halaman situs atau email dengan format HTML, sudah cukup untuk membuat spyware tersebut aktif di komputer.

Spyware juga dapat menginstall toolbar tambahan di aplikasi browser, yang seakan-akan bermanfaat.  Padahal, bisa jadi toolbar tersebut mengarahkan kamu ke halaman lain yang mencurigakan dan bahkan berbahaya, menghapus file-file di PC, atau mengganggu dengan menampilkan pop-up berkali-kali hingga membuat PC menjadi sangat lambat.

Situs Aman atau Bukan?

Karena perkembangan metode dan teknik-teknik programming, tidak ada definisi atau ciri-ciri khusus yang dapat dijadikan referensi untuk menentukan apakah sebuah software yang kita download atau situs yang kita kunjungi mengandung spyware di dalamnya.

Beberapa situs yang kelihatannya aman dapat saja merupakan jebakan spyware. Atau bahkan, situs tersebut adalah situs phishing, yang bekerja dengan cara memancing pengunjungnya memasukkan data pribadi secara sukarela.

Meskipun demikian, ada beberapa jenis situs tertentu yang pada umumnya mengandung jebakan spyware.

  1. Situs-situs dengan konten dewasa (you know what)
  2. Situs-situs file sharing, tempat mengunduh file-file yang sering dicari orang, yang tidak semuanya legal untuk diunduh sembarangan
  3. Situs-situs social network
  4. Situs-situs permainan daring

Jaga Diri, Aman Berinternet

Cara-cara berikut ini bisa kamu lakukan untuk meminimalkan resiko-resiko berinternet.

  1. Hindari mengunjungi situs-situs yang tidak jelas
  2. Hanya unduh file dari situs-situs yang kamu percaya. Teliti software-software gratisan dan aplikasi file-sharing sebelum kamu menginstallnya
  3. Selalu update sistem operasi PC-mu
  4. Perbaiki pengaturan keamanan browser
  5. Ketik sendiri URL korporat di address bar browsermu (misalnya website bank atau operator selular), dan hindari untuk langsung meng-klik dari email atau aplikasi chatting. Sebab bisa saja orang memodifikasinya untuk mengarahkan kamu ke halaman lain yang menipu
  6. Gunakan aplikasi antivirus dan aktifkan firewall komputermu
  7. Install dan aktifkan software proteksi antispyware

Comments

comments

By | 2018-02-21T05:15:23+00:00 February 10th, 2018|Categories: Edukasi, Kidos, Teknologi Informasi|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Simple and happy mommy * Advanced Open Water Diver * Enthusiast Reader * Books lover * Slow runner but continue making progress * Loves chocolate ice cream * Owner of Dapoer Kampoeng 33, a catering business located in Makassar, Indonesia * Food photographer

Leave A Comment