Seragam Sekolah Syar’i

//Seragam Sekolah Syar’i

Seragam Sekolah Syar’i

Susah  mencari seragam yang agak beda di kotaku tercinta ini. Berhubung sekolah di SD Islam Terpadu, seragam anak-anak memang agak lain sendiri. Yang laki-laki, misalnya, sejak kelas 1 SD sudah harus memakai celana panjang merah. Sementara SD lain mengenakan celana pendek merah sampai kelas 6 SD. Juga yang perempuan, mesti mengenakan rok merah panjang sampai mata kaki. Ditambah lagi seragam pramuka. Celana panjang dan rok panjang coklat untuk ukuran SD biasanya tidak tersedia di toko seragam. Apalagi kemeja pramuka coklat berlengan panjang. Kemeja putih SD lengan panjang biasanya ada di toko, meskipun kami lebih sering kehabisan. Jadi solusinya, ya kami mesti membeli kain sendiri untuk semua jenis seragam dan mencari penjahit untuk membuatkan seperangkat pakaian sekolah kustom itu.

SD IT ada banyak di Makassar. Tapi yang memperhatikan cara berpakaian syar’i yang cukup ketat sejak TK ya sekolahnya anak-anak kami ini. Bahkan sejak kelas 4 SD, siswi putri sudah disarankan memakai khimar yang panjangnya menutup sampai pergelangan tangan. Satu tantangan lagi buat kami karena yang dijual di mall atau butik-butik jilbab selama ini kebanyakan yang panjangnya standard hanya sampai siku. Apalagi yang untuk anak, yang penting berenda dan lucu.

Ke depannya, mungkin akan ada lebih banyak SD IT yang menerapkan seragam yang lebih syar’i. Mudah-mudahan saat itu para produsen dan pedagang busana muslim sudah menyediakan lebih banyak pakaian seragam syar’i maupun pakaian sehari-hari yang syar’i lengkap dengan khimar syar’i untuk usia SD. Bukankah kebiasaan itu akan lebih tertanam jika dimulai dari kecil?

Comments

comments

By | 2013-12-26T22:24:12+00:00 September 1st, 2013|Categories: Edukasi|Tags: , , , |1 Comment

About the Author:

Simple and happy mommy * Advanced Open Water Diver * Enthusiast Reader * Books lover * Slow runner but continue making progress * Loves chocolate ice cream * Owner of Dapoer Kampoeng 33, a catering business located in Makassar, Indonesia * Food photographer

One Comment

  1. Hijab February 10, 2016 at 11:21 am - Reply

    sipppp, saya setuju, di ajarkan sejak dini, agar sudah besar di terbiasa 🙂

Leave A Comment