Mengenal Branding dan Pengaruhnya Bagi Bisnismu

///Mengenal Branding dan Pengaruhnya Bagi Bisnismu

Mengenal Branding dan Pengaruhnya Bagi Bisnismu

Apa itu branding dan apa pengaruhnya bagi bisnismu? Banyak orang bilang, branding itu butuh biaya besar. Lalu kenapa pula kamu harus mahal-mahal melakukan branding padahal saat ini bisnis sudah berjalan lancar? Ayo, kenali dulu apa sih brand dan branding itu sendiri.

Secara bahasa, “brand” berarti merek atau identitas. Identitas yang dimaksud bisa dikaitkan dengan produk, organisasi, usaha, atau bahkan individu. Kalau menurut om Philim Kotler di dalam bukunya, brand adalah “nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari semua hal tersebut, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang, jasa, atau kelompok penjual tertentu dan untuk membedakannya dari barang atau jasa pesaing”.

Sedangkan “branding” adalah usaha untuk membuat sebuah identitas brand dikenal orang dengan posisi dan karakter yang unik sehingga berbeda dari produk pesaing lainnya. Artinya, branding adalah usaha untuk memposisikan sebuah brand di mata orang-orang sehingga brand tersebut “stands out from the crowd”, berbeda dengan yang lainnya.

Sebuah brand akan mewakili persepsi orang terhadap segala hal dari brand tersebut. Mulai dari iklan, produk, kualitas, kesan, layanan, bahkan bisa jadi hingga reputasi pemilik dan orang-orang yang bekerja untuk brand tersebut. Dengan kata lain, brand sebuah bisnis berarti segalanya bagi bisnis tersebut.

Jika seperti itu, apa saja pengaruh branding bagi bisnismu?

1. Membuat Produk atau Bisnis Lebih Dikenal

Salah satu komponen utama dari sebuah brand adalah logo. Kamu pasti bisa mengingat gubuk merah Pizza Hut atau tanda centang Nike yang sederhana tapi memiliki kesan kuat. Sebagai “wajah” perusahaan, desain logo sangatlah penting sebab simbol bisnis tersebut akan selalu hadir pada setiap korespondensi dan iklan bisnismu. Buatlah desain logo terbaikmu sehingga logo tersebut mudah diingat, sekaligus cukup kuat untuk memberi kesan yang kamu inginkan.

2. Membangun Kepercayaan

Tampilan yang profesional akan membangun kredibilitas dan kepercayaan orang lain terhadap brang bisnismu. Orang cenderung untuk mempercayai bisnis yang tampilannya lebih baik. Reaksi emosional yang timbul karena kepercayaan kepada brand yang kamu bangun akan tertanam di dalam pikiran mereka, dan pada waktunya akan memberikan pengaruh yang nyata bagi bisnismu.

3. Menginspirasi Karyawan

Banyak karyawan yang butuh untuk lebih dari sekedar bekerja. Mereka menginginkan sesuatu untuk dikejar. Ketika karyawan memahami misi dan alasan bisnismu, mereka akan merasa bangga dan lebih bersedia bekerja sama dalam mencapai tujuan yang telah kamu tetapkan. Ketika memiliki brand yang kuat, kamu seakan-akan mengubah logo perusahaan menjadi bendera perang bagi seluruh perusahaan yang siap mengobarkan semangat mereka.

4. Menciptakan Pelanggan Baru

Branding memungkinkan perusahaanmu untuk mendapatkan testimoni. Bayangkan, bagaimana mungkin seseorang bercerita kepada orang lian tentang sepatu baru yang ia senangi, jika ia sendiri tidak dapat mengingat brand sepatu tersebut? Sebagai media iklan yang paling murah, referensi dari mulut ke mulut hanya mungkin terjadi jika bisnismu telah mampu memberikan pengalaman yang tak terlupakan kepada pelanggan.

Bisnis-bisnis yang sukses, baik dalam skala besar maupun kecil, memiliki satu hal yang sama. Yakni mereka telah membangun dan menjaga brand yang kuat di dalam industrinya masing-masing.

Comments

comments

By | 2018-01-19T06:50:13+00:00 January 19th, 2018|Categories: Bisnis, Branding|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Simple and happy mommy * Advanced Open Water Diver * Enthusiast Reader * Books lover * Slow runner but continue making progress * Loves chocolate ice cream * Owner of Dapoer Kampoeng 33, a catering business located in Makassar, Indonesia * Food photographer

Leave A Comment