Belajar Berubah

//Belajar Berubah

Belajar Berubah

Well, inilah posting pertama saya di tahun 2017 ini.

Hari ini saya ingin berbagi beberapa hal yang jadi inspirasi buat saya untuk menjalani 2017. Ini bukan resolusi, tapi hanya daftar hal-hal kecil yang ingin saya rubah atau saya bangun pada diri sendiri untuk menjadi lebih baik.

Membangun kebiasaan baru untuk pengembangan diri.

  1. Membaca 1 artikel bisnis setiap hari sebagai bahan pembelajaran. Ini adalah salah satu action plan yang terkait dengan salah satu resolusi di 2017. Bacaan favorit saya adalah entrepreneur.com dan forbes.com.
  2. Membersihkan dan merapikan konten-konten digital (folder-folder dan file-file di laptop) setiap hari setelah pukul 10 pm, Termasuk file-file yang berantakan di folder Downloads hasil unduhan hari itu, dan juga file-file yang terkait dengan proyek-proyek klien

Menghadapi tantangan

  1. Bertahan untuk tidak meng-unfollow friends di sosial media, apa pun status yang mereka pasang. Tujuannya adalah untuk melatih diri merajut rompi anti peluru secara mental
  2. Melakukan hal-hal yang membuat saya takut, betapa pun kecilnya. Dalam waktu dekat ini yang ingin saya lakukan adalah belajar melompat dari pinggir kolam renang :D.
  3. Belajar untuk mengambil pilihan yang lebih menakutkan ketika dihadapkan kepada dua pilihan yang sama-sama baik

Membuat hari-hari menjadi lebih menyenangkan dengan hal-hal yang fun

  1. Merencanakan hari dengan membuat to do list di pagi hari (sudah mulai sejak dua bulan lalu, dan akan terus dilanjutkan)
  2. Memotret untuk koleksi picture of the day.
  3. Membaca buku leadership atau pengembangan diri selama 15 menit setiap hari.

Membuat hidup lebih simple

  1. Membereskan ruangan di rumah dan mendonasikan beberapa buku yang sudah jarang dibaca. Jika memungkinkan, membuat garage sale untuk beberapa barang-barang yang sudah tidak terpakai.
  2. Belajar untuk lebih sering mengucapkan terima kasih. Meskipun kepada yang jauh lebih muda
  3. Membatas

Self Improvement

  1. Berlari 3 kali seminggu, masing-masing 8km. Target total 1000 km di tahun 2017. Menakutkan sih. Tapi tidak apa-apa. Coach saya bilang, jika suatu target membuat saya takut, maka saya wajib untuk mengejar target itu
  2. Mengurangi nonton TV hingga hanya 4 jam sepekan.

Belajar untuk lebih percaya diri

  1. Belajar mengatakan “tidak” jika memang saatnya harus mengatakan “tidak”, meskipun ada perasaan tidak nyaman ketika mengatakannya.
  2. Fokus memperbaiki diri dan berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Lebih produktif

  1. Menerima ketidaksempurnaan dan mulai melakukan sesuatu, daripada menunggu kesempurnaan baru melakukan sesuatu.
  2. Menghindari multitasking. Ini agak sulit.

Mengeleminasi hal-hal negatif

  1. Berhenti menunda-nunda.
  2. Menghabiskan waktu terlalu banyak di media sosial tanpa tujuan.
  3. Berhenti membuat alasan

Hal-hal sepele memang. Tapi goal besar dicapai dengan potongan-potongan hasil dari perubahan-perubahan kecil yang kita lakukan. Nah, jadi perubahan apa yang Anda canangkan tahun ini?

Comments

comments

By | 2018-01-19T03:32:44+00:00 January 2nd, 2017|Categories: Self Development|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Simple and happy mommy * Advanced Open Water Diver * Enthusiast Reader * Books lover * Slow runner but continue making progress * Loves chocolate ice cream * Owner of Dapoer Kampoeng 33, a catering business located in Makassar, Indonesia * Food photographer

Leave A Comment