Ikut Kelas Hypnowriting

/, Self Development, Writing/Ikut Kelas Hypnowriting

Ikut Kelas Hypnowriting

Malam ini ada jadwal training FB lagi. Judulnya adalah tentang “Hypnowriting”. Singkatnya, hypnowriting adalah ilmu yang memadukan antara hypnosys dan copywriting sebagai sebuah alat bantu marketing.

Saya masih selalu merasa sebagai orang IT yang menceburkan diri ke dunia marketing tanpa pengetahuan apa-apa tentang hal tersebut sebagai modal awal. Menelaah buku-buku yang saya baca dan mengamati apa yang terjadi saat ini dengan internet dan sosial media, saya sadar gap saya masihlah sangat jauh dari kemampuan minimal seorang pebisnis.

Tercipta banyak teori-teori baru dan teknik-teknik marketing baru yang tidak saya dapatkan di buku-buku akademik tentang marketing. Teori ini berkembang di ebook-ebook, video, atau blog yang ditulis oleh praktisi digital marketing yang pendidikan formal-nya biasa-biasa saja. Disusun dan disampaikan dengan bahasa sehari-hari, bahkan mendekati bahasa pasar, teknik-teknik tersebut bukanlah dibuat atau pun disampaikan oleh lulusan S2 atau S3. Bahkan bisa jadi disampaikan oleh mahasiswa yang belum lulus S1.

Merasa de javu dari masa-masa di IT, saya melihat fenomena ini sejalan dengan open source di dunia IT. Bisa terdapat di mana-mana, dibuat oleh siapa pun, dan… tidak perlu sekolah tinggi-tinggi. Siapapun dapat belajar teknik-teknik marketing digital dari banyak sumber di internet. Ia kemudian dapat meramu kembali teknik-teknik yang diketahuinya, menggabungkan beberapa teknik, memperbaiki di sana sini, dan kemudian menciptakan sebuah teknik baru yang lebih baik. Ia selanjutnya dapat menerbitkan e-book, video, atau sekumpulan artikel marketing praktis kekinian. Dengan teknik hypnowriting yang baik ia sengaja atau pun tidak sengaja praktekkan, teorinya laris dilahap orang-orang yang haus akan ilmu digital marketing (termasuk saya).

Ide dasar hypnowriting diambil dari fakta bahwa secara psikologis, 80% keputusan untuk membeli atau tidak membeli ternyata dilakukan oleh alam bawah sadar. Jika alam bawah sadar sudah memutuskan untuk membeli, filter logika sudah tidak banyak lagi pengaruhnya. Di sinilah hypnowriting dimainkan.

Sedikit banyak, cara-cara penjualan masa kini memang berkaitan erat dengan hypnowriting. Semakin lama semakin jelas, keputusan-keputusan orang untuk membeli kini tidak lagi sepenuhnya logis. Belum tentu sebuah pembelian terjadi terkait kebutuhan. Thanks to konten marketing saat ini yang, secara disengaja maupun tidak, telah menggunakan teknik hypnowriting. Dalam teknik hypnowriting, bukan lagi logika calon pembeli yang ditarget. Teknik ini bertujuan memperlebar filter logika orang, sehingga pesan yang disampaikan memasuki alam bawah sadar, langsung menyentuh sisi emosi calon pembeli.

Maka pembelajaran malam ini sebenarnya bukan hanya untuk penjual saja. Tapi juga untuk calon pembeli. Setelah mengetahui ilmunya, saya jadi sedikit memahami sedikit cara kerja marketing masa kini, yaitu memasuki alam bawah sadar. Oleh sebab itu, ada baiknya saat-saat teretntu kita mengetatkan filter logika atau untuk sementara menutup diri dan mengindari iklan-iklan yang selalu menarik itu. Apalagi jika anggaran sedang pas-pasan. Bagaimana menurut Anda?

[Picture modified from original one from <a href=’https://www.freepik.com/free-photo/successful-computer-gadget-digital-close_1047188.htm’>Freepik</a>]

Comments

comments

By | 2017-12-16T13:52:54+00:00 December 16th, 2017|Categories: Edukasi, Self Development, Writing|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Simple and happy mommy * Advanced Open Water Diver * Enthusiast Reader * Books lover * Slow runner but continue making progress * Loves chocolate ice cream * Owner of Dapoer Kampoeng 33, a catering business located in Makassar, Indonesia * Food photographer

Leave A Comment